Home » » Sintaks Dasar PHP

Sintaks Dasar PHP

PHP merupakan sebuah bahasa pemograman web yang memiliki sintak atau aturan dalam menuliskan script atau kode - kodenya. Untuk menjelaskan cara penulisan kode PHP, bisa kita lihat pada empat macam cara kode PHP, yaitu:





Kita dapat memilih salah satu dari ketiga contoh penulisan script PHP di atas, tetapi yang paling populer dan sering digunakan adalah pada contoh nomor 1 dan 2. Perhatikan bahwa kode - kode PHP memiliki tata aturan, yaitu diawali dengan tanda . Tiap akhir baris  harus selalu di beri tanda titik koma (;). PHP bersifat CASE SENSITIVE, artinya penulisan Huruf besar dan kecil pada code PHP sangat berpengaruh.

Contoh



Tuliskan kode diatas di Notepad, lalu pada Jendela Save As, file hasil langsung disimpan di htdocs yaitu direktori C:\apache\htdocs. Beri nama contoh.php dan ubah pada Save as type menjadi All Files. Lalu Lihat hasilnya dengan mengaksesnya dari Browser.

Penjelasan fungsi echo diatas sama halnya dengna perintah Print, yaitu untuk menuliskan atau menampilkan tulisan di web browser